ditulis 27 Aug 2020, oleh: admin

Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah


Hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020, P3E Sumatera menyelenggarakan Webinar "Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD)".

Webinar ini dipandu oleh Rosita Erliwahyuni, SP. M.Si, Kasubbid Tindak Lanjut P3ES dengan narasumber yaitu : Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si., Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KLHK, Dr. Ir. Mahfudz, M.P. dan Kabid Evaluasi dan Tindak Lanjut P3ES, Suharyanto, S.T, M.Si.

Acara yang dibuka oleh Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si. ini diikuti oleh 270 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi, Kabupaten/Kota di Regional Sumatera, Perwakilan P3E Seluruh Indonesia, dan Akademisi dari beberapa universitas di Sumatera.

Dokumen IKPLHD adalah dokumen yang menunjukkan kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup selama satu tahun (dokumen tahunan). Pemda yang dinilai berhasil dalam kinerja pengelolaan lingkungan hidup didaerahnya akan mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK.

Sejak tahun 2017, beberapa Provinsi, Kabupaten/Kota di Sumatera selalu mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra. Pada tahun 2017, tercatat Provinsi Sumatera Barat, Kab. Dharmasraya dan Kota Bukittinggi yang mendapat penghargaan tersebut. Tahun 2018, Tercatat Prov. Sumatera Selatan, Prov. Sumatera Barat, Payakumbuh, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Bangka Tengah dan Kab. Dharmasraya.

Semoga penghargaan ini dapat mendorong pemerintah daerah lainnya untuk bersungguh-sungguh dalam pengelolaan lingkungan hidup.