ditulis 08 Oct 2020, oleh: admin

Pembahasan Hasil Verifikasi Lapangan kegiatan Inventarisasi DDDT Prov. Riau untuk perkebunan kelapa


Kamis, 8 Oktober 2020, telah dilaksanakan Rapat Pembahasan Hasil Verifikasi Lapangan (Ground check) kegiatan Inventarisasi Daya Dukung Daya Tampung Provinsi Riau untuk perkebunan kelapa sawit. Rapat dilaksanakan secara langsung di Aula Kantor P3E Sumatera dengan menerapkan protokol Covid-19 dan juga secara online via zoom meeting. Rapat dihadiri oleh berbagai Instansi di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota di Riau, antara lain : Bappeda, Dinas Perkebunan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas PUPR

Narasumber pada rapat ini adalah Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si, Peneliti dari Pusat Penelitian Kelapa sawit (PPKS), Dr. Heri Santoso, dan Dr. Suwondo dari PPLH Universitas Riau sebagai Pembahas.

Dalam paparannya, Kepala P3E Sumatera mengatakan : hasil delineasi citra resolusi tinggi (CSRT) mengungkap bahwa luas perkebunan kelapa sawit di Riau mencapai + 4.059.729 hektar atau 45% dari luas Provinsi Riau. Perkebunan kelapa sawit tersebar di seluruh kabupaten kota di Riau dan ada juga yg berada di dalam kawasan hutan (1,6 juta ha) dan kawasan hidrologis gambut (1,8 juta ha). Selain itu, tren tutupan lahan perkebunan meningkat drastis sejak tahun 1990-2019, sementara luasan hutan rawa sekunder menurun drastis pada periode yang sama. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah Riau dalam penataan ruangnya.

Dr. Heri Santoso, memaparkan aspek teknis pengelolaan kebun sawit untuk optimalisasi produktifitasnya berdasarkan kelas lahan. Beliau juga menyatakan bahwa tidak semua lahan cocok untuk kelapa sawit. Kelas lahan di Riau dominan adalah kelas S3 (marginal) dengan banyak faktor pembatas. Selain itu, lahan di Riau didominasi lahan gambut sehingga harus hati-hati dalam pengelolaan lahannya.

Dr. Suwondo mengatakan bahwa kajian ini merupakan kajian yang sangat penting dan dapat menjadi input bagi Pemda Riau dalam menertibkan dan mengendalikan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau.