ditulis 21 Oct 2020, oleh: admin

Webinar Refreshment Pengarusutamaan Gender (PUG) Lingkup UPT KLHK Se-Sumatera


Selasa, 20 Oktober 2020, telah dilaksanakan Webinar Refreshment Pengarusutamaan Gender (PUG) Lingkup UPT KLHK Se-Sumatera, yang diinisiasi oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera secara online melalui Zoom Meeting.

Webinar ini dipandu oleh Vandasari, M.T., Kasubbag Program P3E Sumatera dan Laura Paulina, M.Sc., Kabid Perencanaan Pengelolaan SDALH, merangkap Ketua Sub Pokja PUG P3E Sumatera. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi tentang Pengarusutamaan Gender di P3E Sumatera oleh Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si. Narasumber yang mengisi webinar ini, yaitu : Dr. Ayu Dewi Utari, Kepala Biro Perencanaan KLHK, merangkap Ketua Pokja PUG KLHK yang menyampaikan materi : “Pengarusutamaan Gender di KLHK”. Narasumber kedua yaitu Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, Guru Besar Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS Solo, yang menyampaikan materi mengenai “Konsep Gender”.

Drs. Amral Fery, M.Si, menyampaikan: "PUG di P3E Sumatera telah dilakukan sejak tahun 2018 dengan Penetapan Sub Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender Lingkup P3E Sumatera. Banyak upaya yang telah dilakukan P3E Sumatera, antara lain : membuat Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), Sosialisasi PUG, Partisipasi dan akses yang sama dalam kegiatan, Pengadaan dan Pemeliharaan sarana prasarana yang responsif gender dan Penyusunan rencana kerja PUG. Bahkan Tahun 2020 ini, akan dibangun Ruang Laktasi /Ruang Kesehatan Wanita beserta sarpras pendukungnya”.

Dr. Ayu Dewi Utari, menjelaskan bahwa PUG ini merupakan salah satu Goals dalam SDG’s yaitu Goal’s 5 : Equality Gender. Upaya PUG yang dilakukan KLHK antara lain : mengintegrasikan PUG dalam Renstra KLHK 2020-2024, Renja KLHK memuat Anggaran Responsif Gender (ARG), menerbitkan Permen LHK Nomor 31 Tahun 2017 tentang “Pedoman Pelaksanaan PUG Bidang LHK”, membentuk Pokja PUG KLHK, Anggaran Responsif Gender KLHK Tahun 2020 sebanyak 282 M dengan 87 kegiatan dan lain-lain. Inovasi Pelaksanaan PUG di KLHK antara lain : Lomba PUG KLHK yang diikuti oleh seluruh Eselon I KLHK serta pemenuhan sarpras responsif gender (ruang laktasi, parkir prioritas, tempat penitipan anak).

Target yang ingin dicapai adalah PUG dapat diterapkan di seluruh UPT KLHK baik di pusat maupun daerah.

Prof. Ismi lebih banyak menyampaikan mengenai konsep gender (teori), Gender Equalilty Indonesia, PUG, Analisis Gender dan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsive Gender (PPRG). Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana membuat “Gender Analysis Pathway” (GAP), Gender Budget Statement (GBS) dan penerapannya di unit kerja masing-masing.

Contoh menarik dari Ditjen PDSAHL, salah satu pemenang lomba PUG lingkup KLHK, yaitu dengan mengikut sertakan kalangan orang sakit jiwa dalam kelompok tani. Hal tersebut menunjukkan bahwa gender itu bukan hanya laki-laki dan perempuan, tetapi juga kesamaan hak pada kalangan yg termaginalkan (orang yang terpinggirkan).

Pengarusutamaan Gender : Adil Dalam Proses - Setara Dalam Hasil