ditulis 26 Oct 2020, oleh: admin

Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Regional Sumatera


Senin, 26 Oktober 2020, P3E Sumatera menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Regional Sumatera, secara langsung di Aula Kantor P3E Sumatera dan secara online via zoom meeting. Rakor dipimpin langsung oleh Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si, sekaligus menyampaikan materi tentang Kondisi Hotspot dan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Regional Sumatera. Narasumber lain yang hadir yaitu Edwar Sanger, Kepala BPBD Provinsi Riau, Marzuki, Kepala BMKG Pekanbaru dan M. Hidayatudin, Plt. Kasubid Uji Kualitas Lingkungan P3E Sumatera.

Rakor Pengendalian Karhutla ini diikuti oleh 57 orang secara online dan 15 orang hadir langsung yang berasal dari instansi Dinas Lingkungan Hidup  Provinsi/kabupaten/kota, BPBD, BMKG di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Selain itu juga hadir secara online Ferdian Kristanto, Kepala Balai PPIKHL Sumatera.

Amral Fery menjelaskan: "Jika dibandingkan dengan tahun 2019, Karhutla tahun 2020 ini menurun sangat drastis, begitu juga dengan kondisi ISPU di Riau yang jauh lebih baik saat ini. Hal ini berkat upaya-upaya yang terus dilakukan oleh semua pihak dalam penanggulangan karhutla di Sumatera".

Dalam pengendalian karhutla selama ini, P3E Sumatera berperan dalam penyediaan data ISPU. Data ISPU dihitung/dikonversi berdasarkan hasil pengamatan kualitas udara selama 24 jam dari 7 parameter kualitas udara (PM 10; PM 2,5; SO2; CO, NO, O3 dan HC), sesuai dengan P.14/Menlhk/Setjen/Kum.1/7/2020 tentang Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Data konsentrasi partikulat (PM 10 dan PM 2,5) real time (per jam) yang dikeluarkan BMKG dan perusahaan (PT CPI) harus diolah dulu dan dikonversi menjadi data ISPU.

Pada rapat ini disepakati bahwa BMKG, PT. CPI dan PT. RAPP akan mengirimkan data harian PM 10 dan PM 2,5 dari peralatan yang mereka miliki untuk diolah menjadi data ISPU di P3E Sumatera. Pada rapat tersebut juga dipantau perolehan data ISPU di Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan.