ditulis 13 Nov 2020, oleh: admin

Peresmian Kebun Bibit Desa (KBD) di Desa Muktisari Kabupaten Kampar,


Jumat, 13 November 2020, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., didampingi Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD) di Desa Muktisari Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Menteri LHK berharap KBD di Desa Muktisari dapat berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu menyuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat maupun mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL).

KBD Muktisari memiliki 40 ribu batang bibit dengan 16 macam jenis tanaman. Bibit-bibit KBD akan didistribusikan dan ditanam di seluruh wilayah Desa Muktisari dan sekitarnya yang perlu direhabilitasi atau dihijaukan kembali. Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana.

Selain itu, Menteri LHK juga memberikan bantuan berupa truk pengangkut sampah sebanyak 4 unit dan motor pengangkut sampah sebanyak 25 unit yang akan didistribusikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Polda Riau, Korem 031 Wira Bima, Manggala Agni dan sejumlah lembaga lainnya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Riau.