ditulis 22 Jan 2021, oleh: admin

Silaturahmi dan Sinkronisasi kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2021


P3E Sumatera memulai tahun 2021 dengan menerapkan nilai gotong-royong dan semangat kolaborasi dengan melakukan kegiatan silaturahmi dan sinkronisasi kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2021 lingkup Ekoregion Sumatera. Acara yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si. dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 20 – 22 Januari 2020 secara online melalui virtual meeting.

Acara ini dipandu oleh para Kepala Bidang lingkup P3E Sumatera dan dihadiri oleh seluruh Dinas Lingkungan Hidup tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota lingkup Ekoregion Sumatera yang berjumlah 10 Provinsi dan 154 Kabupaten/Kota. Silaturahmi dan sinkronisasi dengan Prov. Aceh, Prov. Sumatera Utara dan Prov. Sumatera Barat dilakukan pada tanggal 20 Januari, Prov. Riau, Prov Jambi dan Prov. Bengkulu pada tanggal 21 Januari, dan Prov. Sumatera Selatan, Prov. Lampung, Prov. Kepulauan Riau dan Prov. Bangka Belitung pada tanggal 22 Januari 2021.

P3E Sumatera menyampaikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2021 dan meminta saran dan masukan dari seluruh instansi yang hadir. Kegiatan P3E Sumatera Tahun 2021, diantaranya : Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) pada areal PIAPS (Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial), Perhitungan DTBP (Daya Tampung Beban Pencemaran) Sungai Indragiri, Fasilitasi Bimtek DDDTLH, Refreshment DDDTLH, Rencana Pengelolaan Ekosistem Karst berbasis DDDTLH, Rencana Pengelolaan Ekosistem Danau Kerinci berbasis DDDTLH, hingga Fasilitasi Pemda dalam Penyusunan RPPLH. Selain itu juga Penerapan Rencana Pengelolaan SDA dan LH Perkotaan dalam Pengelolaan Sampah berbasis DDDT, Evaluasi Pengelolaan Kerusakan dan Pencemaran di DTA dan Kawasan Danau Prioritas Nasional, serta Pemantauan Kualitas Lingkungan.

Seluruh intansi DLH Provinsi/Kabupaten/Kota yang hadir juga menginformasikan kegiatan instansinya dan mengambil benang merah dengan rencana kegiatan tahunan P3E Sumatera.

Semoga kegiatan ini semakin mempererat silaturahmi antara P3E Sumatera dengan DLH Prov/Kab/kota lingkup Ekoregion Sumatera dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik dan meningkat. (/LH)