ditulis 26 Nov 2020, oleh: admin

Rombongan anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat


Kamis, 26 November 2020, P3E Sumatera kedatangan rombongan anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Kepala P3E Sumatera, yang diwakili oleh Bapak Suharyanto, S.T., M.Si (Kepala Bidang Evaluasi Tindak Lanjut Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3E Sumatera) menerima rombongan anggota DPRD dan melakukan pertemuan di Ruang Rengas Kantor P3E Sumatera, Jalan H.R. Soebrantas Km.10,5, Pekanbaru. Dalam pertemuan tersebut, Anggota DPRD Kab. Tanah Datar ingin bersilaturahmi, konsultasi dan sharing informasi terkait pengelolaan lingkungan hidup dan pengelolaan Geopark.
.
Kabupaten Tanah Datar memiliki objek wisata Danau Singkarak yang sedang diusulkan menjadi Kawasan Geopark Nasional juga Internasional. Danau Singkarak memiliki potensi geologi yang khas karena termasuk dalam perlintasan patahan pulau Sumatera.
.
Danau Singkarak merupakan warisan geologi dan memiliki keunikan serta nilai ilmiah yang didukung keanekaragaman hayati flora dan fauna, budaya, pariwisata sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata Geopark Nasional. Kawasan Geopark Danau Singkarak memiliki tiga aspek penting, yaitu Konservasi, Edukasi dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat.
.
Sejalan dengan pengembangan Geopark Danau Singakarak, P3E Sumatera juga telah melakukan kajian Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) Ekosistem Karst di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019. Kawasan disekitar Danau Singkarak termasuk dalam ekosistem karst pada kajian tersebut, yang telah memiliki peta arahan untuk Zona Lindung dan Zona Non Lindung Karst. Semoga hasil kajian DDDTLH Ekosistem Karst yang telah dilakukan P3E Sumatera dapat memberikan kontribusi positif dalam penataan dan pengembangan kawasan Geopark Danau Singkarak.
.