ditulis 14 Dec 2020, oleh: admin

Ekspos Dokumen RPSDALH Perkotaan Sektor Transportasi dan Jasa Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru


Senin, 14 Desember 2020 bertempat di Kantor Walikota Pekanbaru, diselenggarakan Ekspos Dokumen Rencana Pengelolaan SDA dan LH (RPSDALH) Perkotaan Sektor Transportasi dan Jasa Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru berbasis Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan. Acara Ekspos dibuka secara langsung oleh Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, M.T. dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat lingkup Kota Pekanbaru, Universitas Islam Riau dan P3E Sumatera. Selain itu, hadir juga tim pakar yang berasal dari Universitas Islam Riau yaitu Ir. Mardianto, M.T, Muchammad Zaenal Muttaqin, S.T., M.Sc dan Yogafri Zaini, S.T., M.URP.
.
Dalam sambutannya, Walikota Pekanbaru menyampaikan terima kasih kepada P3E Sumatera atas dilaksanakannya kajian ini. Kajian ini sangat penting karena berbasis daya dukung daya tampung sehingga dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi OPD dalam pembangunan di Kota Pekanbaru. Tahun 2020, Pemkot Pekanbaru sedang menyusun kajian mengenai drainase perkotaan, karena terdapat lebih dari 300 titik genangan di Kota Pekanbaru. Semoga kajian-kajian yang telah dilakukan dapat sinkron dan diimplementasikan dalam pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Kota Pekanbaru.
.
Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si, dalam paparannya menyampaikan bahwa dokumen RPSDALH yang berbasis Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup merupakan salah satu sumbangsih P3E Sumatera terhadap sektor transportasi dan persampahan di Kota Pekanbaru. Diharapkan dengan adanya dokumen perencanaan ini, dapat dijadikan pedoman dan acuan untuk pengelolaan transportasi dan persampahan di Kota Pekanbaru sehingga menjadi lebih baik.
.
Ekpos yang dipandu oleh Laura Paulina BMA, S.Si., M.Sc (Kepala Bidang Perencanaan Pengelolaan SDALH, P3E Sumatera), memberikan beberapa arahan dan rekomendasi pada sektor transportasi dan persampahan seperti pada gambar terlampir.