ditulis 19 May 2020, oleh: admin_p3es

Rapat Koordinasi Karhutla Provinsi Riau


Rapat Koordinasi Karhutla Provinsi Riau

Sobat Lingkungan,
Meskipun saat ini masih dalam suasana Work From Home (WFH), tapi tidak menyurutkan semangat tim siaga bencana Karhutla Prov. Riau untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutla Prov. Riau, Selasa, 19 Mei 2020. Rakor karhutla ini digagas oleh kepala P3E Sumatera yang bekerjasama dengan BPBD Prov. Riau.

Rakor karhutla ini diikuti oleh beberapa Instansi, al : P3E Sumatera, BPBD Prov. Riau, Polda Riau, KOREM 031 Wirabuana, Lanud Rusmin Nuryadin, Balai PPIKHL Sumatera, Manggala Agni lingkup Prov. Riau, BMKG Pekanbaru, Dinas Perkebunan Prov. Riau, dan Dinas Kesehatan Prov. Riau.

Kepala P3E Sumatera, Drs. Amral Fery, M.Si. dalam sambutannya mengatakan : "Puncak musim kemarau di Riau akan segera datang, pada bulan Juni-Juli 2020. Perlu dipersiapkan langkah-langkah antisipasi dan koordinasi agar tidak terjadi Karhutla di Riau. Koordinasi penanggulangan karhutla yang biasanya dihelat di Posko Satgas Karhutla Riau tidak dapat dilakukan karena pandemi Covid-19 sehingga rakor dilakukan secara online".

Edwar Sanger, menyampaikan : "Meskipun dalam suasana bulan puasa dan ditengah pandemi Covid-19, kita tetap harus semangat untuk mencegah terjadinya karhutla di Riau. Sesuai arahan Gubernur Riau, maka kita harus antisipasi dengan upaya-upaya yang nyata agar tidak terjadi Karhutla seperti tahun 2019". Kepala BMKG Pekanbaru, Sukisno, SP., menyampaikan : "puncak musim kemarau di Riau akan terjadi pada bulan Juni-Juli. Oleh karena itu, kewaspadaan dan berbagai antisipasi terjadinya karhutla harus ditingkatkan dan disiapkan".
Kepala P3E Sumatera, @amralfery62 menambahkan bahwa perkembangan data ISPU di kab/kota di Riau per Mei 2020 menunjukkan kategori baik. Hal ini harus kita pertahankan agar terus dalam kategori baik dengan cara meminimalisir terjadinya karhutla.

Berbagai upaya yg sudah dan terus dilakukan dalam penanggulangan karhutla di Riau yaitu : monitoring hotspot, patroli darat maupun udara, penanggulangan karhutla baik di darat & udara (water bombing) serta pelibatan seluruh instansi, relawan dan masyarakat. Semoga kita dapat mengantisipasi dan meminimalisir kejadian karhutla tahun 2020
@siti.nurbayabakar @ Pekanbaru