ditulis 03 Apr 2020, oleh: admin_p3es

Cegah Penyebaran Virus Corona, P3ES Pasang Wastafel di Fasilitas Umum


PEKANBARU - Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) memasang wastafel (tempat mencuci tangan) di sejumlah fasilitas umum, seperti pasar tradisional dan halte bus Transmetro Pekanbaru, di Kota Pekanbaru, Riau.

Kepala P3ES Drs Amral Fery, MSI, mengatakan, pemasangan wastafel di sejumlah fasilitas umum dimaksudkan mendukung upaya mencegah penyebaran virus corona, khususnya di Kota Pekanbaru.

''Pada wastafel-wastafel itu kami siapkan sabun dan air bersih untuk mencuci tangan. Warga yang akan naik bus di halte atau setelah turun bus bisa mencuci tangan, sehingga steril dari virus corona,'' kata Amral di Kantor P3ES di Pekanbaru, Jumat (3/4/2020).

Demikian pula dengan wastafel yang dipasang di pasar-pasar tradisional, bisa digunakan warga mencuci tangan menjelang dan sesudah berbelanja di pasar. ''Sedangkan bagi pedagang di pasar, mereka bisa mencuci tangan lebih sering dengan tersedianya wastafel tersebut,'' sambungnya.

Selain itu, kata Amral, P3ES juga ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan social distancing (menjaga jarak), mengisolasi diri di rumah, memakai masker dan sering mencuci tangan, untuk mencegah penularan Covid-19.

''Kita sudah pasang sejumlah baliho yang berisi imbauan kepada masyarakat agar disiplin melakukan social distancing, tetap di rumah, memakai masker dan sering mencuci tangan,'' ujarnya.

Edukasi kepada publik, kata Amral, juga dilakukan P3ES melalui radio. ''Setiap beberapa jam, imbauan kita itu disiarkan pula di salah satu radio,'' ucapnya.

Alumni Universitas Andalas (Unand) Padang ini menambahkan, semua pegawai di lingkungan P3ES juga diminta mengedukasi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya masing-masing, tentang bahaya Covid-19 dan upaya mencegah penularannya.

''Kebetulan sebagian pegawai kita merupakan tokoh masyarakat juga di lingkungan tempat tinggalnya, jadi mereka bisa mengimbau warga di sekitar kediamannya masing-masing untuk selalu menarapkan social distancing dan berkurung di rumah,'' ucapnya.

''Beribadah, bekerja dan belajar di rumah saja, adalah arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia dan telah ditindaklanjuti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah pandemi Covid-19 yang saat ini sudah melanda seluruh wilayah Republik Indonesia. Mari kita dukung, pastikan jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, menjaga jarak, pakai masker dan kita di rumah saja,'' tukuknya.

Peduli Warga Terdampak

Lanjut Amral, P3ES juga peduli terhadap orang-orang yang sangat terdampak oleh virus corona, seperti para pengemudi ojek online, tukang ojek pangkalan, pengemudi angkutan umum dan petugas kebersihan.

''Melalui dana hasil sumbangan sukarela para pegawai P3ES, kami telah membagikan 60 paket sembako kepada para pengemudi ojek online, tukang ojek dan pengemudi angkutan umum. Kemudian kami juga telah membagikan nasi bungkus kepada 60 petugas kebersihan,'' sebut Amral.

''Walaupun bantuan kami nilainya tidak seberapa, mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban mereka yang penghasilannya menyusut gara-gara virus corona,'' imbuhnya.

Amral berharap instansi lainnya tergugah membantu kelompok masyarakat yang terdampak virus corona. ''Semakin banyak yang peduli, tentu semakin banyak yang tertolong,'' tandasnya.bas