ditulis 21 Mar 2020, oleh: admin_p3es

Hari Hutan Internasional


Terlalu berharga untuk dilewatkan.
Ketika kita minum segelas air, menulis di buku catatan, minum obat untuk demam atau membangun rumah, kita tidak selalu membuat hubungan dengan hutan. Namun, ini dan banyak aspek lain dari kehidupan kita terkait dengan hutan dengan satu atau lain cara.
.

Hutan, pengelolaannya yang berkelanjutan dan penggunaan sumber daya, termasuk dalam ekosistem yang rapuh, adalah kunci untuk memerangi perubahan iklim, dan untuk berkontribusi pada kemakmuran dan kesejahteraan generasi sekarang dan masa depan. Hutan juga memainkan peran penting dalam pengentasan kemiskinan dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
.

Hutan menutupi sepertiga dari massa daratan Bumi, melakukan fungsi vital di seluruh dunia. Sekitar 1,6 miliar orang - termasuk lebih dari 2.000 budaya asli - bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka, obat-obatan, bahan bakar, makanan dan tempat tinggal.
.

Hutan adalah ekosistem yang paling beragam secara biologis di darat, rumah bagi lebih dari 80% spesies hewan, tumbuhan, dan serangga darat.
.

Namun terlepas dari semua manfaat ekologis, ekonomi, sosial dan kesehatan yang tak ternilai ini, deforestasi global terus berlanjut pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Hutan dan Keanekaragaman Hayati. Majelis Umum PBB mengumumkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional pada tahun 2012.
.

Panitia adalah Forum PBB tentang Hutan dan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), bekerja sama dengan Pemerintah, Kemitraan Kolaboratif tentang Hutan dan organisasi terkait lainnya di lapangan.
.

Hari ini merayakan dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan. Pada setiap Hari Hutan Internasional, negara-negara didorong untuk melakukan upaya lokal, nasional dan internasional untuk mengatur kegiatan yang melibatkan hutan dan pohon, seperti kampanye penanaman pohon. Tema untuk setiap Hari Hutan Internasional dipilih oleh Kemitraan Kolaboratif tentang Hutan. Tema untuk 2020 adalah Hutan dan Keanekaragaman Hayati.

#HariHutanInternasional
#HHI
#klhk
#KementerianLHK