ditulis 29 Feb 2020, oleh: admin

Perhelatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 untuk regional Sumatera dilakukan di K


Perhelatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 untuk regional Sumatera dilakukan di Kawasan Pariwisata Super Premium Danau Toba dimulai sejak Hari Kamis hingga Sabtu, tanggal 27 -29 Februari 2020. Rangkaian kegiatan diawali dengan Pendampingan Jakstrada bagi Kabupaten Tapanuli Utara yang diselenggarakan pada tanggal 27 Februari 2020 di Hotel Esther, Kabupaten Toba Samosir.

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan Seminar Edukasi Pengelolaan Sampah di Kabupaten Humbang Hasundutan yang diikuti oleh masyarakat, Dharma Wanita, komunitas, pelajar dan para guru. Di samping itu juga diselenggarakan Seminar Pengelolaan Sampah Kawasan Wisata Danau Toba di Hotel Balige Kabupaten Toba Samosir.

Puncak rangkaian kegiatan HPSN Kawasan Danau Toba 2020 digelar pada 29 Februari 2020 di Geopark Sipinsur, Desa Siregar, Kab. Humbang Hasundutan, yang dihadiri oleh Wakil Menteri LHK Bpk. @alue_dohong. Kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB hingga siang hari, meliputi Aksi Bersih Sampah oleh Wamen LHK didampingi Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Walikota Medan, Dirjen PSLB3 KLHK Ibu @rosavivienratnawati, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, P3E Sumatera, UPT KLHK, Pemprov. Sumatera Utara serta seluruh peserta yang berjumlah sekitar 2000 orang. Selain itu, juga dilaksanakan peresmian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sanitary Landfill Humbang Hasudutan bantuan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR secara simbolis oleh Dirjen Cipta Karya, peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) bantuan KLHK secara simbolis oleh Wamen LHK, penandatanganan prasasti TPA dan PDU Humbang Hasundutan, penayangan film tentang TPA dan PDU, penanaman pohon serta peresmian peninjauan pameran circular economy. Diharapkan penanganan sampah di TPA dilakukan dengan baik seperti penutupun dengan tanah timbun.

Pada siang harinya, Wamen LHK meresmikan Pilot Project IGES Recycle Center berupa penandatanganan prasasti oleh Wamen LHK, Bupati Tobasa dan Wakil IGES CCET serta peninjauan Recycle Centre yang diselenggarakan di Kantor Bupati Toba Samosir. Sebagai kawasan wisata premium, bupati juga memohon bantuan perahu untuk membersihkan eceng gondok.