ditulis 28 Feb 2020, oleh: admin

Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Yogyakarta


Selamat pagi Sobat Hijau.

Jumat (28/2/2020) adalah pelaksanaan hari terakhir Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Yogyakarta.

Salah satu agenda penting hari ini adalah sosialisasi Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law pada jajaran KLHK, Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari seluruh Indonesia.

Pada sesi ini nantinya akan langsung dimoderatori Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dengan narasumber Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Prof.San Afri Awang, Prof. Hariadi Kartodihardjo, Prof. Mustofa Agung Sardjono, Prof. Asep Warlan Yusuf, dan Dr.Ir.Ilyas Assad.

Sebagaimana pesan Menteri Siti Nurbaya bahwa semua unsur LHK baik pusat dan daerah harus mempelajari betul RUU ini dengan baik, sehingga berada dalam pemahaman justifikasi, teoritik, empirik, ataupun pada konteks perspektif yang sama untuk menyampaikan informasi yang baik pada masyarakat terkait RUU Omnibus Law bidang LHK.

Ini penting agar informasi mengenai RUU Omnibus Law bidang LHK dapat dipahami dengan baik, serta menjadi sarana sosialisasi sekaligus menerima berbagai masukan dari semua pihak.

Ada dua sesi lainnya pada Rakornas KLHK hari ini, yaitu pengelolaan sampah dan limbah, dengan narasumber Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), dan Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PHLHK).

Serta tema Nationally Determined Contribution (NDC) dan carbon pricing, dengan narasumber Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Staf Ahli Menteri bidang Industri dan Perdagangan Internasional, Dirjen KSDAE, Dirjen PSLB3, dan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi (BLI).

Pada hari pertama Rakornas KLHK, Kamis (27/2/2020) para Dirjen KLHK telah memaparkan dua sesi utama yakni pemulihan lingkungan dan rehabilitasi, serta Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan Sosial.

Ikuti terus perkembangan informasinya ya Sobat Hijau.

Selamat pagi dan tetap semangat untuk Indonesia.

#KLHK
#Rakor