APLIKASI
ISPU Update Terakhir
06 July 2020
Lokasi ISPU Keterangan
KLHK Aceh 17 Baik
KLHK Bandar Lampung 24 Baik
KLHK Batam 54 Sedang
KLHK Bengkulu 0 Baik
KLHK Jambi 59 Sedang
KLHK Medan 74 Sedang
KLHK Padang 34 Baik
KLHK Palembang 11 Baik
KLHK Pekanbaru 34 Baik
Total Pengunjung 132713
Pengunjung hari ini 51
Pengunjung Online 6
Total Hits 173757
Total Hits hari ini 69

Terbaru:

No. Judul Tgl Kegiatan
1. BUKU PANDUAN HLH 2017 02 August 2017
2. Undangan Pemaparan Daya Dukung dan Daya Tampung LH Sumatera 10 December 2015
3. Undangan Ekspose Perhitungan DD Ekoregion Babel 11 December 2015
Selengkapnya »
BERITA TERBARU
  • RAPAT KOORDINASI PENANGANAN KARHUTLA PROVINSI RIAU

    RAPAT KOORDINASI PENANGANAN KARHUTLA PROVINSI RIAU

    Sesuai dengan arahan Presiden, maka seluruh pihak harus menjaga Prov. Riau dari kejadian karhutla yaitu dengan optimalisasi pencegahan karhutla, penataan dan pengelolaan ekosistem gambut dan penataan hidrologi, pengendalian dan pemadaman segera pada titik api serta penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan.
    Selengkapnya »

  • Webinar mengenai Pemanfaatan Daya Dukung dan Daya Tampung berbasis Jasa Ekosistem dalam Pengendalian

    Webinar mengenai Pemanfaatan Daya Dukung dan Daya Tampung berbasis Jasa Ekosistem dalam Pengendalian


    Selengkapnya »

  • Di Tengah Pandemi Covid-19, Kementerian LHK Tetap Lindungi Hutan dari Perambahan

    Di Tengah Pandemi Covid-19, Kementerian LHK Tetap Lindungi Hutan dari Perambahan

    https://www.goriau.com/ oleh Hasan Basri JAKARTA - Sehubungan dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia memutuskan melakukan refocussing anggaran nasional untuk jaring pengaman sosial, menangani Covid-19 dan melindungi rakyat dengan menyediakan fasilitas kesehatan, pasokan makanan, serta stimulus ekonomi bagi mereka yang terkena dampak Covid-19, khususnya usaha kecil dan menengah dan mengatasi masalah ketenagakerjaan. Dalam kondisi ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada konteks tema diskusi Global Landscape Forum, tetap melangkah bekerja melindungi hutan dari perambahan dan terus meningkatkan langkah-langkah penegakan hukum. ''Indonesia terus berupaya menjaga kawasan dan lingkungan sebaik-baiknya serta berupaya terhindar dari ecocide (ekosida) dan di sisi lain mendorong prinsip restorative justice (keadilan restorative),'' kata Menteri LHK Siti Nurbaya, ketika berbicara pada sesi penutupan Global Landscapes Forum (GLF) Bonn 2020 Digital Summit yang dilaksanakan pada Jumat (5/6) menjelang tengah malam WIB melalui video conference.
    Selengkapnya »

  • Menteri LHK : Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

    Menteri LHK : Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

    JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) berperan penting dalam pencapaian target Perjanjian Paris, sebagaimana amanat UU Nomor 16 Tahun 2016 tentang Perubahan Iklim. Siti Nurbaya mengungkapkan hal itu saat menjadi panelis dalam diskusi internasional ''Virtual Ministerial Dialogue with Local and Regional Governments Strengthening Coordination to Implement the Paris Agreement''. Acara diskusi internasional ini diikuti menteri, kepala daerah dan champions dari berbagai negara, seperti Italia, Malaysia, Rusia, Inggris dan China. Ada sekitar 200 peserta dari berbagai negara berpartisipasi dalam diskusi tersebut.
    Selengkapnya »

  • LAPORKAN KEJAHATAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

    LAPORKAN KEJAHATAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka saluran pengaduan terhadap kejahatan dan kerusakan lingkungan hidup dan kehutanan, apabila kamu memiliki informasi terkait hal-hal tersebut, dipersilahkan melaporkan aduan melalui:
    Selengkapnya »

  • Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020  Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin

    Segenap Keluarga Besar P3E Sumatera mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin
    Selengkapnya »

  • Selamat memperingati Kenaikan Isa Al Masih

    Selamat memperingati Kenaikan Isa Al Masih

    Kita hidup dengan kasih sayang Tuhan, maka jangan sombong dan jangan sedih, teruslah bersyukur, karena Tuhan telah memberikan kenikmatan hidup.
    Selengkapnya »

  • Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 112 tahun

    Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 112 tahun

    Mari bangkit dari suasana kecemasan dan ketakutan. Mari bangkit melawan pandemi #Covid19 yang merebak. Tetap disiplin menjalani pencegahan penyebarannya, dengan menjaga kebersihan diri juga lingkungan, jaga jarak, pakai masker dan terus berdoa, agar jadi pemenang melawan #Covid19 ini.
    Selengkapnya »

  • Rapat Koordinasi Karhutla Provinsi Riau

    Rapat Koordinasi Karhutla Provinsi Riau

    Sobat Lingkungan, Meskipun saat ini masih dalam suasana Work From Home (WFH), tapi tidak menyurutkan semangat tim siaga bencana Karhutla Prov. Riau untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutla Prov. Riau, Selasa, 19 Mei 2020. Rakor karhutla ini digagas oleh kepala P3E Sumatera yang bekerjasama dengan BPBD Prov. Riau.
    Selengkapnya »

  • KLHK mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki bulan kemarau ini.

    KLHK mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki bulan kemarau ini.

    #SobatHijau, KLHK mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki bulan kemarau ini. . Selain bekerja sama dengan BMKG, TNI, Polri, BPPT, dan BNPB untuk menyiapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berupa hujan buatan, Menteri LHK @siti.nurbayabakar memberi arahan terkait penanganan karhutla yang difokuskan pada pencegahan, pemadaman dan penegakan hukum. .
    Selengkapnya »

  • 20 NOMINATOR PENGHARGAAN KALPATARU

    20 NOMINATOR PENGHARGAAN KALPATARU

    20 NOMINATOR PENGHARGAAN KALPATARU #SobatHijau, Penghargaan Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan kalpataru memiliki 4 (empat) kategori, yaitu: Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingungan dan Pembina Lingkungan.
    Selengkapnya »

  • HARI BUMI 2020

    HARI BUMI 2020

    Hai Sobat Hijau, ada yang tahu hari ini diperingati sebagai hari apa? 22 April? yups tepat! Hari Bumi. Nah untuk saat ini, Bumi sedang memperbaiki dirinya loh sob. Karena berkurangnya aktivitas di luar akibat pandemi dan banyak yang melakukan pekerjaan dari rumah (work from home) dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
    Selengkapnya »

  • Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

    Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

    Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.
    Selengkapnya »

  • Ajak Semua Kalangan Cegah Penyebaran Covid-19 PEKANBARU | https://riaupos.jawapos.com/ Sabtu, 04 Apr

    Ajak Semua Kalangan Cegah Penyebaran Covid-19 PEKANBARU | https://riaupos.jawapos.com/ Sabtu, 04 Apr

    https://riaupos.jawapos.com/ PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Penghentian laju pandemi Covid-19 dirasa tidak hanya bisa diserahkan pada pemerintah semata. Akan tetapi, semua unsur masyarakat harus memiliki andil tersendiri, sehingga virus ini dapat dicegah penyebarannya. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Drs Amral Fery MSi saat berbincang dengan Riau Pos, Jumat (3/4). Kata beliau upaya untuk menghentikan penyebaran corona sudah dimulai pihaknya. Mulai dari melaksanakan imbauan pemerintah hingga melakukan aksi sosial kepada masyarakat terdampak.
    Selengkapnya »

  • P3ES Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Virus Corona NEWS Last updated 04:09 - Sabtu, 4 Ap

    P3ES Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Virus Corona NEWS Last updated 04:09 - Sabtu, 4 Ap

    https://riaubarometer.com/p3es-bagikan-paket-sembako-kepada-warga-terdampak-virus-corona/ PEKANBARU – Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) membagikan 60 paket sembako kepada warga yang kondisi ekonominya memburuk akibat wabah virus corona.Kepala P3ES Drs Amral Fery, MSI, mengatakan, dana untuk pembelian 60 paket sembako tersebut merupakan sumbangan sukarela dari para pegawai P3ES.”Para pegawai kita tergugah untuk membantu warga yang ekonominya terganggu akibat wabah Covid-19
    Selengkapnya »

  • Cegah Penyebaran Virus Corona, P3ES Pasang Wastafel di Fasilitas Umum

    Cegah Penyebaran Virus Corona, P3ES Pasang Wastafel di Fasilitas Umum

    https://www.goriau.com/berita/baca/cegah-penyebaran-virus-corona-p3es-pasang-wastafel-di-fasilitas-umum.html PEKANBARU - Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) memasang wastafel (tempat mencuci tangan) di sejumlah fasilitas umum, seperti pasar tradisional dan halte bus Transmetro Pekanbaru, di Kota Pekanbaru, Riau.
    Selengkapnya »

  • Kepedulian P3E Sumatera atas wabah COVID-19

    Kepedulian P3E Sumatera atas wabah COVID-19

    Malam Sobat Lingkungan, . Sebagai wujud kepedulian akan wabah COVID-19 di sekitar kita, maka P3E Sumatera melakukan kerja nyata untuk mendukung pencegahan penyebaran virus COVID-19, antara lain : 1. Membuat tempat cuci tangan (wastafel) di halte bis depan kantor P3E Sumatera dan pos satpam pintu masuk (untuk tamu yang akan masuk kantor diharapkan cuci tangan dulu di wastafel). 2. Menggalang dana sosial lingkup pegawai P3E Sumatera untuk membantu masyarakat sekitar kita.
    Selengkapnya »

  • Turut Berdukacita

    Turut Berdukacita

    Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berdukacita atas berpulangnya ibunda tercinta Presiden Joko Widodo @jokowi , Ibu Sudjiatmi Notomihardjo. Semoga almarhumah mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya, husnul khotimah, serta keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan. Aamiin. #IndonesiaBerduka #KLHK #PresidenRI #jokowi
    Selengkapnya »

  • Hari Hutan Internasional

    Hari Hutan Internasional

    Hutan, pengelolaannya yang berkelanjutan dan penggunaan sumber daya, termasuk dalam ekosistem yang rapuh, adalah kunci untuk memerangi perubahan iklim, dan untuk berkontribusi pada kemakmuran dan kesejahteraan generasi sekarang dan masa depan. Hutan juga memainkan peran penting dalam pengentasan kemiskinan dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). .
    Selengkapnya »

  • Pencegahan Penyebaran Virus Corona dilakukan KLHK

    Pencegahan Penyebaran Virus Corona dilakukan KLHK

    Semua daerah di Indonesia meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), termasuk di berbagai kantor kementerian/lembaga. Pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pelaksanaan kerja harian tetap dilakukan sebagaimana biasa.
    Selengkapnya »

  • Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (RPSDALH) Sektor Transp

    Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (RPSDALH) Sektor Transp

    Halo #SobatLingkungan .. Kamis, 12 Maret 2020, telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (RPSDALH) Sektor Transportasi Kota Pekanbaru berdasarkan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH), yang bertempat di Aula Kantor P3E Sumatera, Pekanbaru.
    Selengkapnya »

  • Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 ke-14 Provinsi Riau

    Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 ke-14 Provinsi Riau

    Sobat Lingkungan Bersempena Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 ke-14 Provinsi Riau dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 12 Maret 2020 di Halaman Kantor Gubernur Riau. HPSN ke-14 di Riau ini dilaksanakan penandatanganan Komitmen OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau terhadap Peraturan Gubernur No.50 tahun 2019 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau
    Selengkapnya »

  • Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

    Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

    Sobat lingkungan Senin, 9 Maret 2020, telah dilaksanakan Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara bersama Panglima TNI dan jajarannya, Kapolri dan jajarannya, Gubernur Riau dan jajarannya, Menteri LHK (diwakili oleh Wamen LHK), Kepala BNPB, Kepala P3E Sumatera dan Kepala UPT KLHK Se- Riau di Gedung Daerah Balai Serindit Komplek Gubernuran Riau.
    Selengkapnya »

  • Rapat penanggulangan karhutla di tingkat tapak (KPH) dalam rangka percepatan pembangunan HTI

    Rapat penanggulangan karhutla di tingkat tapak (KPH) dalam rangka percepatan pembangunan HTI

    Malam sobat lingkungan Rapat penanggulangan karhutla di tingkat tapak (KPH) dalam rangka percepatan pembangunan HTI diselenggarakan di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat 6 Maret 2020. Acara ini dibuka oleh Plt. Dirjen PHPL yang juga Sekjen KLHK yaitu Dr. Bambang Hendroyono. Dalam sambutannya, Plt. Dirjen PHPL menyampaikan bahwa KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) merupakan pengelola kawasan hutan ditingkat tapak yang harus segera dioptimalkan pengelolaannya, khususnya di Provinsi Riau karena merupakan daerah rawan karhutla.
    Selengkapnya »

  • Perhelatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 untuk regional Sumatera dilakukan di K

    Perhelatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 untuk regional Sumatera dilakukan di K

    Perhelatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 untuk regional Sumatera dilakukan di Kawasan Pariwisata Super Premium Danau Toba dimulai sejak Hari Kamis hingga Sabtu, tanggal 27 -29 Februari 2020. Rangkaian kegiatan diawali dengan Pendampingan Jakstrada bagi Kabupaten Tapanuli Utara yang diselenggarakan pada tanggal 27 Februari 2020 di Hotel Esther, Kabupaten Toba Samosir.
    Selengkapnya »

  • "Gowes Langit Biru"

    Hari ini Sabtu, 29 Februari 2020, P3E Sumatera mengikuti "Gowes Langit Biru" yang digagas oleh Green Radio Pekanbaru. 15 pegowes P3E Sumatera dengan semangat mengayuh pedal menempuh rute sejauh 8 km, yang dimulai (start) di hutan kota Jl. Diponegoro dan Finish di Taman Alam Mayang Pekanbaru.
    Selengkapnya »

  • Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Yogyakarta

    Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Yogyakarta

    Selamat pagi Sobat Hijau. Jumat (28/2/2020) adalah pelaksanaan hari terakhir Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Yogyakarta. Salah satu agenda penting hari ini adalah sosialisasi Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law pada jajaran KLHK, Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari seluruh Indonesia.
    Selengkapnya »

  • Seleksi penerimaan CPNS KLHK Regional Sumatera di Pekanbaru

    Seleksi penerimaan CPNS KLHK Regional Sumatera di Pekanbaru

    Minggu ini akan dilaksanakan Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Formasi Tahun 2019 untuk Regional Sumatera. Tes seleksinya dilaksanakan di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pekanbaru pada tgl. 22-29 Februari 2020 dan diikuti oleh 3.044 peserta.
    Selengkapnya »

  • Diseminasi Dokumen Perencanaan Sektor Pertanian Pangan

    Diseminasi Dokumen Perencanaan Sektor Pertanian Pangan

    P3E Sumatera pada Tahun 2017 menyusun Dokumen Perencanaan Sektor Pertanian Pangan Berbasis Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT LH) untuk Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Agam.
    Selengkapnya »

  • P3E Sumatera Bersih-bersih Sungai Siak

    P3E Sumatera Bersih-bersih Sungai Siak

    JawaPos.com - Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera melakukan kegiatan konkret dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018. Mereka membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak di Rumah Singgah Taman Tuan Kadi tepi Sungai Siak, Pekanbaru.
    Selengkapnya »

  • Pembentukan dan Penyusunan Rencana Aksi Kaukus Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau

    Pembentukan dan Penyusunan Rencana Aksi Kaukus Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau

    Tuntutan masyarakat akan perbaikan kualitas lingkungan hidup semakin meningkat, dengan laju kerusakan yang lebih tinggi dibanding dengan kemampuan pemerintah untuk memulihkannya. Upaya perbaikan secara terus menerus dilakukan dengan melibatkan semua pihak, baik kelembagaan pemerintah yang secara khusus menangani masalah lingkungan hidup, DPRD, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan.
    Selengkapnya »

  • Kegiatan Pembinaan Teknis Peningkatan Peran Kehumasan Meningkatkan Citra Instansi

    Kegiatan Pembinaan Teknis Peningkatan Peran Kehumasan Meningkatkan Citra Instansi

    PEKANBARU - Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera Drs Amral Fery, MSi, mengingatkan, bagian humas (hubungan masyarakat) di instansi pemerintah harus mempelajari dan memahami budaya masyarakat setempat, agar informasi yang disampaikan ke publik tidak menyinggung atau menciderai perasaan kelompok mana pun, pada pembukaan ''Kegiatan Pembinaan Teknis Peningkatan Peran Kehumasan Meningkatkan Citra Instansi'', di aula Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jalan HR Subrantas, Pekanbaru, Riau, Senin pagi (20/11/2017).
    Selengkapnya »

  • Tim BBKSDA Riau untuk Menangkap Beruang yang Menyerang Warga di Kampar

    Tim BBKSDA Riau untuk Menangkap Beruang yang Menyerang Warga di Kampar

    TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Balai Besar KSDA Riau yang berjumlah lima orang beserta dengan WWF masih berupaya bisa menangkap beruang yang menyerang dua warga di Desa Teluk Paman, Kabupaten Kampar.
    Selengkapnya »

  • 935 Jalak dan Kacer Dilepas

    935 Jalak dan Kacer Dilepas

    Ratusan burung dilepaskan di Hutan Konservasi Sungai Dumai, Sabtu (23/9).
    Selengkapnya »

  • Bunga Bangkai di Cagar Alam Bukit Bungkuk dan Desa Bukit Melintang Kampar

    Bunga Bangkai di Cagar Alam Bukit Bungkuk dan Desa Bukit Melintang Kampar

    Bunga Bangkai (amorphopallus gigas) kembar ditemukan di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk, Kampar
    Selengkapnya »

  • 60 Hektare Lahan Terbakar di Aceh Barat

    60 Hektare Lahan Terbakar di Aceh Barat

    Republika.co.id Senin, 24 Juli 2017 (Nidia Zuraya) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan lahan yang terbakar di Kabupaten Aceh Barat terus meluas, hingga kemarin telah 60 hektare lebih lahan yang terbakar," ujar Kepala BPBA Yusmadi, di Banda Aceh, Senin (24/7).
    Selengkapnya »

  • DISEMINASI  DDDT LH

    DISEMINASI DDDT LH

    Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) berkomitmen mendiseminasikan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT LH) kedalam perencanaan pembangunan daerah.
    Selengkapnya »

  • Sosialisasi Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan (DDDT)

    Sosialisasi Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan (DDDT)

    Hari Rabu dan Kamis  3-4 Mei 2017 sebuah perhelatan yang melibatkan pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi pada wilayah kerja P3E Sumatera dalam acara Sosialisasi Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung DDDT) lingkungan hidup. Dalam sosialisasi ini, dijabarkan bahwa amanat perundangan pembangunan di berbagai sektor secara umum telah menekankan pemanfaatan SDA harus mempertimbangkan daya dukung dan daya tampung (DDDT) lingkungan hidup.
    Selengkapnya »

  • Pemberdayaan Masyarakat untuk Cegah Karhutla 2016 di Riau

    Pemberdayaan Masyarakat untuk Cegah Karhutla 2016 di Riau

    Menindaklanjuti perintah Presiden RI Joko Widodo mengenai cegah kebakaran hutan dan lahan di 2016, Kepala BNPB Willem Rampangilei melakukan Rapat Koordinasi tentang Sistem Pemberdayaan Desa untuk Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di kantor Gubernur Riau (27/1). Rakor dihadiri Plt.Gubernur Riau, Danrem, Danlanud, Kabinda, Kapolda, Kajati, Wakil Ketua DPRD serta dihadiri pelaku dunia usaha, Kapolsek, Dandim, Bupati/Walikota, Kepala BPBD Kab/Kota, Media Massa, Kepala Dinas, SKPD terkait dan undangan lainnya.
    Selengkapnya »

  • Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Riau Gandeng Masyarakat Lokal

    Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Riau Gandeng Masyarakat Lokal

    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mulainmerealisasikan strategi pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2016 dengan melibatkan masyarakat lokal.
    Selengkapnya »

  • BPLH Agam: Danau Maninjau Tercemar Berat

    BPLH Agam: Danau Maninjau Tercemar Berat

    Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam menyatakan kualitas air Danau Maninjau tercemar berat pada kelas tiga atau layak digunakan sebagai tempat budidaya ikan air tawar.
    Selengkapnya »

  • Nazir Foead Paparkan Strategi Pencegahan Kebakaran Hutan

    Nazir Foead Paparkan Strategi Pencegahan Kebakaran Hutan

    Nazir Foead saat dilantik menjadi Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, 20 Januari 2016. BRG menjalankan fungsi-fungsi pelaksanaan koordinasi dan penguatan kebijakan pelaksanaan restorasi gambut, perencanaan pengendalian dan kerja sama penyelenggaraan restorasi gambut, pemetaan dan penetapan zonasi lindung dan fungsi budi daya.
    Selengkapnya »

  • BLH Sumut Gandeng Swasta Selamatkan Sungai Deli

    BLH Sumut Gandeng Swasta Selamatkan Sungai Deli

    Badan Lingkungan Hidup Sumatera Utara menggandeng perusahaan swasta untuk melakukan gerakan penyelamatan Daerah Aliran Sungai atau DAS Deli seperti melalui penanaman bibit pohon di daerah tangkapan air di kawasan itu.
    Selengkapnya »

  • Keberhasilan Kerja BRG Tanggung Jawab Kementerian LHK

    Keberhasilan Kerja BRG Tanggung Jawab Kementerian LHK

    JAKARTA,forda-mof.org-Menteri LHK, Siti Nurbaya beserta jajaran mengundang secara khusus Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead, untuk beraudensi, Jumat (22/1) di ruang rapat utama Kementerian LHK . Dalam audensi itu, Menteri LHK instruksikan jajarannya agar BRG harus menjadi mitra tugas KLHK dalam merestorasi lawasan gambut nasional. "Kementerian LHK bertanggung jawab atas keberhasilan kerja BRG", kata Menteri LHK, Siti Nurbaya.
    Selengkapnya »

  • Tiga negara bantu Sumsel restorasi lahan gambut

    Tiga negara bantu Sumsel restorasi lahan gambut

    Sebanyak tiga negara akan membantu Sumatera Selatan dalam merestorasi lahan gambut yang ada di daerah tersebut agar terhindar dari kebakaran dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
    Selengkapnya »

  • Pariaman Bayar Penemu Telur Penyu Rp 3.000 per Butir

    Pariaman Bayar Penemu Telur Penyu Rp 3.000 per Butir

    Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menganggarkan dana Rp 100 juta untuk mensosialisasikan perlindungan penyu di daerah itu. "Sudah kami anggarkan di Unit Pelaksana Teknis Konservasi Penyu agar satwa yang dilindungi undang-undang tersebut bisa terjaga kelestariannya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman Yanrileza di Pariaman, Selasa, 26 Januari 2016.
    Selengkapnya »

  • Inilah Perpres No. 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut

    Inilah Perpres No. 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut

    Atas dasar pertimbangan ini Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 Januari 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut (BRG). Kepala BRG Nazir Foead Saat Dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.
    Selengkapnya »

  • Soal Kebakaran Hutan, Jokowi Ancam Copot Pejabat Daerah

    Soal Kebakaran Hutan, Jokowi Ancam Copot Pejabat Daerah

    Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi nasional pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2016. Dalam sambutannya, Presiden menjanjikan promosi naik pangkat bagi perangkat daerah yang berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan.
    Selengkapnya »

  • 2016, BLH Sumut Masih Fokus Gerakan Penyelamatan Sungai

    2016, BLH Sumut Masih Fokus Gerakan Penyelamatan Sungai

    BLH Sumut berharap di tahun 2016 gerakan penyelamatan sungai di Sumatera Utara dapat ditingkatkan lagi. Hal ini dikarenakan tingkat pencemaran sungai di wilayah Sumatera Utara masih mengkhawatirkan. Meski berbagai upaya telah dilakukan sepanjang tahun 2015, namun gerakan penyelamatan sungai masih harus lebih dimaksimalkan lagi.
    Selengkapnya »

  • P3E SUMATERA MELUNCURKAN RENCANA UMUM PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN DAS KAMPAR

    P3E SUMATERA MELUNCURKAN RENCANA UMUM PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN DAS KAMPAR

    DAS Kampar termasuk salah satu DAS utama di Provinsi Riau yang berhulu di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. DAS Kampar melewati 6 kabupaten yaitu Pasaman dan Limapuluhkota di Sumatera Barat dan Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi di Provinsi Riau. Manfaat keberadaan sungai Kampar sangat besar untuk masyarakat. Sebut saja beberapa yaitu adanya PLTA Kotopanjang yang menyediakan listrik untuk 2 provinsi tersebut. Selain itu terdapat usaha budidaya ikan dengan Keramba Jaring Apung, pertanian, perkebunan dan Tentunya untuk kebutuhan domestik masyarakat.
    Selengkapnya »